Rabu, 29 Desember 2010

Sepak Bola dalam Kehidupan

Hingar bingar piala sepak bola masih terasa dibelahan Asian Tenggara. Pelaksanaan Piala AFF alias kejuaraan sepak bola Asia Tengaara mendapatkan antusias luar biasa dari para peminat olah ini. Pesta olah raganya pun kontan menyedot perhatian masyarakat , tak pandang kecil, tua, muda. Laki-laki, perempuan sama-sama mencintai penyelenggaran pesta sepak bola ini. 
Yang menarik dari pesta olah raga yang satu ini adalah ternyata penyelenggaraan pesta olah raga  ini tak hanya memberikan dampak keuntungan ekonomi bagi pihak penyelenggara, namun negara-negara lain meski berbeda benua turut merasakan imbas positif peluang bisnis dari penyelenggaraan kegiatan ini. Disamping memiliki nilai bisnis, kehadiran permainan sepak bola ternyata perlu dimaknai dengan coba mengambil hal-hal positif yang bisa dipetik dari sebuah permainan sepak bola. Beberapa hal positif sepak bola dalam kehidupan tersebut diantaranya;
  1. Semangat untuk menang

    Hal pertama yang harus tertanam di dalam kepala seorang pemain sepak bola adalah semangat dan rasa percaya diri dalam dirinya untuk dapat mencapai kemenangan. Demikian pula jika kita alihkan ke kehidupan nyata. Setiap dari kita membutuhkan semangat dan rasa percaya diri untuk dapat menaklukkan berbagai persoalan yang dialami oleh dalam kehidupan.
    Sepak bola sebagai permainan mendidik para pemainnya untuk memiliki rasa semangat dan percaya diri, te
    rlebih olah raga ini merupakan olah raga terakbar sejagad.read more
  2. Strategi

    Kemenangan sebuah tim tidak terlepas dari strategi yang dijalankan oleh tim-tim tersebut. Bagaimana ia memposisikan para pemain di tempat yang pas, kemampuan menyerang dan memperkuat pertahanan, semua itu membutuhkan hitung-hitungan strategi. Pun hidup yang kita jalani, jika kita tidak pandai mengatur sebuah strategi dalam hidup, kita tak akan pernah menjadi pemenang dalam kehidupan ini.
  3. Kebersamaan

    Sehebat apapun strategi dan semangat untuk menang yang ada dalam diri seorang pemain sepak bola, tanpa adanya kerja sama dan operan-operan yang dibangun secara bersama-sama, kemenangan mustahil tercapai.

    Masing-masing pemain harus tau peran dan fungsi keberadaannya. Sebab mereka ternyata tak bisa sendiri-sendiri dalam menggiring bola ke depan gawang. Jika sendirian menggiring bola, bersiaplah bola Anda akan dihadang dan dirampas pemain lawan.
    Dan bukannya menciptakan gol, yang ada Anda akan mendapatkan serangan balik yang mungkin saja mematikan pertahanan Anda. Itulah pentingnya kebersamaan dalam hidup ini.
Manusia dalam menjalani kehidupan bukanlah sosok perkasa yang mampu secara pribadi memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Manusia tetaplah membutuhkan orang lain, sehebat apa pun orang tersebut. Sepak bola banyak mengajarkan para penontonnya hal-hal positif yang akan bisa mereka dapatkan jika mereka mau merenung dan memahaminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar